5 Tips Mudah Merawat Gorden Jendela Agar Awet

Trik Melakukan Perawatan Gorden Jendela Supaya Tahan Lama

Pembersihan ruangan dan benda-benda menjadi suatu keharusan supaya lingkungan sekitar tetap bersih. Gorden jendela menjadi benda di ruangan yang kadang kala terabaikan kebersihannya. Padahal tirai yang tidak dibersihkan dapat menjadi sarang debu dan kuman. Hal ini bisa membahayakan untuk kesehatan Anda.

Tirai jendela kantor atau rumah harus rajin dibersihkan. Kebersihan dari tirai dapat menjaga tirai tetap tahan lama. Dengan begitu, keindahan dari tirai tetap terjaga. Berikut ini merupakan tips sederhana untuk menjaga keawetan tirai.

1. Ikat Jika Tidak Terpakai

Kebanyakan orang membiarkan tirai terurai begitu saja walaupun sedang tidak digunakan. Mereka sering kali hanya menggeser tirai ke samping tanpa mengikatnya. Anda yang juga sering melakukan hal yang sama, lebih baik segera mengubah kebiasaan ini.

Tirai yang dibiarkan terurai lebih mudah terkena debu dan kotoran. Anda sebaiknya memanfaatkan tali pengikat yang ada pada tirai Anda. Jika hordeng jendela Anda tidak memiliki tali pengikat, Anda bisa membeli atau membuatnya sendiri.

 

2. Rawat Secara Teratur

Tirai akan jadi lebih tahan lama jika dirawat dengan berkala. Perawatan yang tepat dapat membuat warna tirai tidak pudar dan kain tidak mengalami kerusakan. Hindari mencuci tirai terlalu sering, karena bisa membuat kain mudah menipis dan merusak permukaan kain.

Anda hanya perlu mencuci tirai tiap 3-6 bulan sekali, tergantung dengan bahan kain dari tirai. Untuk memudahkan Anda merawat korden jendela, Anda bisa membersihkan tirai dengan penyedot debu. Lakukan pembersihan ini setidaknya seminggu sekali. Dengan begitu, debu dan kotoran tidak akan menumpuk.

 

3. Perhatikan Jenis Kain

Saat hendak mencuci atau membersihkan tirai. Anda sebaiknya memperhatikan bahan kain gorden jendela Anda. Setiap jenis kain membutuhkan cara pencucian yang berbeda. Untuk tirai berbahan satin atau polyester dapat dicuci dengan cara di biasa. Sedangkan untuk tirai dengan bahan sutera cucilah dengan cara dry cleaning. Cara pencucian yang keliru dapat menyebabkan kain mengalami kerusakan.

 

4. Cuci Vitrase

Tirai jendela ada yang dilengkapi dengan vitrase. Umumnya warna vitrase adalah putih bersih dan bahan kainnya sangat tipis. Jika Anda tidak rutin membersihkan vitrase, lama kelamaan warna putihnya bisa berubah jadi kusam. Kekusaman tentu membuat keindahan tirai dan ruangan menjadi berkurang.

Jangan mengabaikan kebersihan vitrase. Lakukan pencucian vitrase dengan rutin. Apabila pada vitrase terdapat bordir atau renda. Anda lebih baik mencucinya secara manual. Jika Anda mencucinya dengan sikat atau mesin cuci, hiasan pada vitrase bisa rusak.

 

5. Keringkan dengan Benar

Sama dengan masalah pencucian. Tirai juga harus dikeringkan sesuai dengan jenis kainnya. Beberapa jenis kain tirai ada yang sangat sensitif dengan sinar matahari secara langsung. Warna tirai tersebut bisa memudar jika dijemur di bawah terik matahari.

Cara terbaik untuk menjemur tirai adalah dengan mengeringkannya di tempat yang beratap. Selain itu, jangan menjemur tirai dengan cara dilipat. Cara jemur yang seperti itu bisa membuat lipatan alami tirai berubah dan menimbulkan bekas lipatan saat tirai sudah kering. Anda lebih baik menjemurnya dengan cara digantung seperti ketika tirai di pasang di jendela. Dengan demikian, permukaan kain tirai tetap mulus tanpa lipatan.

Setelah membaca pembahasan di atas, kini Anda sudah mengerti cara merawat gorden jendela dengan baik. Apabila Anda mempraktekkan hal tersebut, maka tirai Anda akan tetap indah. Serta tidak mudah mengalami kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *