7 Model Batako yang Paling Populer dan Banyak Dicari

Banyaknya Model Batako di Pasaran

Siapa yang tidak mengenal batu bata? Batu bata atau batako adalah bahan konstruksi yang sering digunakan untuk membuat pagar, tembok serta berbagai elemen rumah yang lainnya. Mungkin kita hanya tahu bila batu bata dibuat dari tanah. Namun, dengan perkembangan teknologi, batu bata bukan hanya dibuat dari tanah, namun dengan berbagai campuran bahan lainnya.

 

Model Batako yang Sering Digunakan

Jika dibandingkan dengan bahan lain, dinding bata terkesan lebih awet. Apalagi batu bata merah yang sudah terbukti keawetannya. Inilah alasan mengapa banyak orang yang memilih batu bata dibanding berbagai material baru. Jika sekarang ini Anda akan membangun hunian sesuai dengan impian, berikut beberapa model batu bata sesuai dengan fungsinya, antara lain:

 

1. Batu bata putih

Batu bata berwarna putih ini dibuat dari batu kapur, campuran trass serta air. Dengan bahan pembuatnya ini, bata ini sering disebut sebagai bata kapur trass. Trass adalah jenis tanah dari lapukkan batu gunung berapi berwarna putih. Ukuran bata trass di pasaran biasanya 20 hingga 30 cm serta telah 8 hingga 10 cm. Bata ini lebih banyak dipilih dikarenakan harganya yang terjangkau.

 

2. Bata semen

Meskipun memiliki model yang sama dengan bata putih, seperti nama yang dimilikinya, batu bata ini dibuat dari pasir dan semen. Ukurannya juga beragam dibanding dengan batu bata warna putih. batu bata ini biasanya memiliki dua hingga 3 lubang di sisinya sebagai pengikat. Untuk ukurannya, batu bata ini memiliki ukuran panjang 36 hingga 40 cm.

 

3. Bata merah

Jenis ini adalah material yang sering ditemukan. Dari zaman dulu, batu bata ini menjadi bahan wajib. Hal ini disebabkan karena kemudahan menemukannya di pasaran serta sudah teruji kekuatannya. Dibuat dari tanah serta dicetak dengan bentuk persegi panjang, rumah yang menggunakan batu bata terkenal lebih nyaman serta sejuk. Namun, dari kelebihan di  atas, kekurangan dari batu bata ini adalah membutuhkan bahan perekat yang banyak, sehingga biaya yang harus dikeluarkan juga tak sedikit.

 

4. Model batu bata persegi

Selain persegi panjang, batu bata yang banyak digunakan adalah bentuk persegi. Memiliki ukuran yang besar, pemasangan batu bata persegi ini jauh lebih cepat, selain itu pemasangannya juga lekas selesai. Sayangnya, batu bata ini tidak banyak dijumpai di pasaran karena masih sepi peminat.

 

5. Bata hebel

Penggunaan bata hebnel mulai populer seiring dengan tren industri properti dan teknologi yang berkembang begitu pesat. batu bata ini merupakan dibuat dari proses kimiawi. Material ini dibuat dari campuran semen, pasir kuarsa, gypsum, aluminium pasta dan air. Pencetakan hebel biasanya dilakukan di pabrik besar sehingga ukurannya lebih rapi dan presisi.

 

6. Batu bata berlubang

batu bata ini tergolong ringan, sebelum memasangnya di rangka bangunan, Anda membutuhkan campuran tanah liat. Jenis batu bata ini cukup populer karena pembuatannya relatif cepat dan bentuk yang beragam.

 

7. Batu bata purpose made

sesuai dengan nama yang dimilikinya, batu bata ini mempunyai berbagai macam bentuk. Biasanya, model batu bata ini digunakan ketika terjadi kesalahan pembuatan bangunan serta harus segera diatasi. Terbuat dari tanah liat, biasanya purpose made digunakan untuk pemasangan jendela dan kusen pintu.

 

Ternyata, ada begitu banyak model dan jenis batako ya! Dari berbagai jenis di atas, mana yang akan Anda pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *