Berbagai Jenis Plafon yang Tahan Terhadap Air

Yuk Cari Tahu Berbagai Jenis Plafon yang Tahan Terhadap Air disini!

Plafon ialah penutup langit-langit pada sebuah ruangan agar genting atau atap rumah tidak terlihat berantakan. Selain berfungsi untuk memperindah ruangan plafon ternyata memiliki banyak fungsi, di antaranya bisa diaplikasikan pada gudang, mampu menahan udara yang panas dan dingin, mampu menahan kotoran atau material yang kadang jatuh dari atap dan berfungsi untuk menutup jaringan kabel agar tampak rapi. Banyaknya manfaat di atas maka tidak heran jika banyak orang yang memasang plafon untuk rumah mereka, adapun jenis plafon yang dipilih beragam, salah satunya yang cukup populer adalah plafon gypsum.

Ada banyak sekali jenis-jenis plafon yang dijual di sekitar kita, ada plafon jenis gypsum, plafon plafon triplek, plafon kayu, plafon metal, plafon PVC, plafon eternit, plafon GRC dan plafon akustik. Masing-masing plafon memiliki kelebihan masing-masing, kamu bisa menyesuaikan selera dan kebutuhan. Salah satu plafon yang dicari banyak orang adalah plafon yang mampu tahan terhadap air, dengan begitu keberadaannya lebih awet dan hemat.

4 Jenis Plafon Tahan Air

Jika saat ini kamu sedang mencari informasi seputar plafon yang mampu tahan terhadap air maka empat jenis plafon berikut ini bisa dijadikan acuan :

1. Plafon metal

Berbagai Jenis Plafon yang Tahan Terhadap Air

Salah satu plafon yang cukup populer di sekitar kita ialah plafon gypsum, namun sayangnya jenis plafon satu ini tidak tahan terhadap air. Kamu bisa memilih plafon metal untuk rumah yang nyaman tidak mudah terkena bocor. Biasanya metal yang digunakan berbentuk lempengan dan dihiasi dengan embos selanjutnya dicetak dengan berbagai motif yang cantik. Plafon jenis metal ini tahan terhadap air dan juga rayap, dengan begitu lebih awet tahan lama. Namun, harga plafon jenis ini cukup mahal.

2. Plafon GRC

Berbagai Jenis Plafon yang Tahan Terhadap Air

Plafon GRC adalah jenis plafon yang sangat praktis dan juga ekonomis karena tidak ada sambungan, kerennya lagi plafon jenis ini bisa dicetak sesuai dengan keinginan. Bahkan selain digunakan untuk plafon jenis GRC juga bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti lantai, partisi, dinding luar dan masih banyak lagi lainnya. Selain tahan terhadap air GRC memiliki kelebihan lainnya, yaitu tahan terhadap api, tahan terhadap benturan, tahan terhadap jamur dan rayap, bahkan plafon ini kedap terhadap suara.

3. Plafon eternit

Berbagai Jenis Plafon yang Tahan Terhadap Air

Jenis plafon eternit dikenal juga dengan nama plafon asbes, jika dilihat dari bentuknya plafon ini seperti plafon kayu, namun jika dilihat dari kualitasnya seperti plafon jenis gypsum. Eternit yang digunakan adalah bahan yang dibuat dari serat asbestosis yang mampu bertahan dari api dan juga air, namun ternyata bahan tersebut cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Selain tahan terhadap air plafon eternit juga memiliki banyak sekali keunggulan, seperti memiliki daya tahan yang cukup awet, mudah untuk dibongkar pasang dan pemasangannya cukup mudah dilakukan.

4. Plafon PVC

Berbagai Jenis Plafon yang Tahan Terhadap Air

Keberadaan plafon PVC sama populernya dengan jenis gypsum, karena plafon ini memiliki banyak sekali kelebihan dibanding dengan jenis lainnya. PVC adalah singkatan dari Polyvinyl Chloride, yaitu sejenis polimer yang bisa kita temui pada pembuatan pipa air. Maka tidak heran jika plafon PVC anti terhadap air dan rayap, sehingga keberadaannya cukup kuat dan awet. Pemasangan dan perawatan PVC juga mudah dilakukan, ditambah harganya cukup terjangkau.

Untuk kamu yang tertarik dengan plafon gypsum namun tidak ingin rumah bocor maka empat jenis plafon di atas bisa menjadi pilihan. Harganya memang cukup mahal namun kualitasnya tidak akan mengecewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *