Cara Merawat Lantai Parket!

Tidak Sulit, Begini Cara Merawat Lantai Parket!

Parket merupakan jenis material yang umum diaplikasikan sebagai lantai. Bahan ini terbuat dari kepingan-kepingan kayu yang telah dipres sedemikian rupa hingga berbentuk potongan yang siap dipasang di atas lantai konkrit. Ciri khasnya terletak pada profil sisinya yang saling mengunci satu sama lain. Bahan ini dapat terbuat dari 100% kayu asli, seperti Kayu Jati dan Merbau, atau yang biasa disebut Kayu Solid, tetapi juga ada yang dari kayu campuran atau yang disebut Kayu Enginer, dan yang terbuat dari serbuk kayu yang disebut Kayu Laminated.

Nuansa mosaik yang dimiliki oleh lantai parket memberikan keindahan tersendiri pada lantai. Sayangnya, karena terbuat dari kayu, material ini rentan akan kelembapan. Lantai jenis ini memerlukan perhatian dan perawatan yang cukup ekstra agar tidak mudah lapuk dan dapat bertahan lama. Namun, Anda tidak perlu kuatir. Berikut ini adalah cara-cara mudah dalam merawat lantai parket agar tetap indah dan tahan lama.

Cara Mudah Merawat Lantai Parket

Cara Merawat Lantai Parket!

  1. Hindari Kelembapan. Usahakan untuk tidak membersihkan lantai parket Anda dengan cara dipel. Cukup dibersihkan menggunakan penghisap debu atau disapu. Bila lantai tidak sengaja terkena tumpahan air, lap lantai dengan kain microfiber agar air tidak menyerap ke dalam lantai. Genangan air pada lantai dapat mengendap pada lapisan plywood yang dapat berujung pada pelapukan. Anda juga dapat mensiasatinya dengan melapisi lantai parket Anda dengan cairan anti air.
  2. Lapisi Dengan Karpet. Pelapisan menggunakan karpet atau permadani ditujukan agar lantai terhindar dari goresan. Gunakan karpet atau permadani yang tidak licin dan mudah bergeser. Karpet dan permadani pun harus rutin dijemur agar tidak menimbulkan kelembapan pada lantai.
  3. Hindari Paparan Sinar Matahari. Jika lantai parket Anda terlalu sering terkena paparan sinar matahari, warna lantai akan menjadi pudar. Siasat yang dapat dilakukan adalah dengan meletakan perabot pada bagian-bagian yang terpapar matahari. Atau, Anda juga bisa melakukan coating ulang setiap 1 tahun sekali agar warna dan keindahan lantai Anda tetap terjaga.
  4. Coating UlangCoating ulang adalah pemberian warna ulang pada lantai parket Anda. Hal ini dilakukan apabila warna lantai sudah terlihat pudar dan kusam. Coating ulang umumnya dilakukan selama satu tahun sekali.

Selain perawatan-perawatan yang di sebutkan di atas, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara Anda dalam membersihkan lantai parket. Di bawah ini adalah beberapa tips dalam membersihkan lantai parket Anda.

Tips Membersihkan Lantai Parket

  • Bersihkan kotoran secara rutin setiap seminggu. Gunakan kain lap atau kain microfiber yang memiliki daya hisap yang lebih baik. Hindari penggunaan sikat atau lap yang memiliki permukaan kasar dan keras. Jangan gunakan air untuk membersihkan kotoran pada lantai. Gunakanlah cairan khusus pembersih kayu agar lantai terhindar dari jamur. Pastikan Anda membaca petunjuk penggunaannya sebelum membubuhkannya ke lantai parket.
  • Ketika Anda menyapu lantai parket, usahakan untuk tidak menggunakan sapu yang tajam. Lebih disarankan jika Anda membersihkan lantai dengan penghisap debu atau vacuum cleaner.
  • Angkat, dan jangan geser perabotan Anda ketika sedang membersihkan lantai. Hal Ini dimaksudkan agar lantai tidak tergores.

Nah, tidak sulit dilakukan, bukan? Meskipun tergolong mudah dalam hal perbaikan, perawatan terhadap lantai parket juga penting untuk dilakukan. Dengan melakukan perawatan yang rutin, lantai parket Anda dapat lebih awet dan terjaga keindahannya. Ingat, merawat lebih baik daripada mengobati, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *