Cara Pasang Water Heater Listrik

5 Cara Pasang Water Heater Listrik

Saat ini water heater menjadi sebuah alat yang banyak dibutuhkan oleh setiap rumah. Dengan adanya alat tersebut, maka kalian tidak perlu menunggu lama jika ingin mandi menggunakan air hangat. Sekarang sudah bukan zamannya lagi meminta bantuan orang untuk memasangkan pemanas air di rumah. Pasalnya saat ini kalian dapat melakukannya sendiri hanya dengan mengikuti panduan yang telah diberikan.

Cara Memasang Water Heater Listrik

Pemanas air bukan sebuah alat yang langka lagi, karena itulah harganya tidak terbilang mahal. Jadi, siapa pun yang merasa butuh alat tersebut, tidak perlu ragu untuk segera membelinya. Kemudian mesin pemanas air pun sudah semakin mudah untuk dipasangnya. Bahkan banyak masyarakat yang melakukan pemasangan sendiri di rumah, tanpa bantuan seorang profeisonal. Jika kalian pun ingin mencoba memasangnya sendiri, maka di sini akan kami akan membahas terkait langkah pemasangan water heater yang tepat:

1. Membuat sanggahan

Mesin pemanas air tidak mungkin hanya diletakkan di lantai atau di bak mandi. Untuk itulah pada langkah pertama, kalian harus membuat sanggahan pemanas airnya terlebih dahulu. Pilihlah sisi dinding yang tepat untuk ditempelkan sanggahan. Jika sudah menemukan sisi dinding yang tepat, maka kalian membutuhkan bor khusus tembok. Selain itu kalian juga perlu memastikan bahwa tembok yang dijadikan sanggahan tidak retak, sehingga cukup kuat untuk menahan beban mesin pemanas air.

2. Memasangkan mesin pemanas air

Setelah kalian membuat sanggahan, coba pastikan kembali bahwa sanggahan tersebut memang sudah benar-benar kuat dan tidak licin untuk menopang water heater. Setelah dipastikan kuat maka sekarang saatnya kalian untuk memasang unit mesin pemanas airnya di sanggahan tersebut. Dalam proses pemasangan hendaknya hati-hati, terlebih bagi para pemula. Pasalnya seringkali terjadi mesin pemanas jatuh saat sedang dalam proses pemasangan.

3. Memasang saluran air dingin dan panas

Setelah pemanas airnya terpasang pada sanggahan maka sekarang saatnya untuk memasang saluran air dingin dan panas. Untuk saluran air dingin berwarna biru, kemudian katup penahan berada di sisi paling kanan. Untuk saluran air panasnya berwarna merah dan letak penahannya berada di sisi kiri. Dalam memasang saluran air pun harus teliti agar tidak terjadi kesalahan.

4. Sambungkan kran pencampur

Setelah memasang saluran airnya, maka sekarang kalian harus menyambungkan kran pencampurnya. Setelah itu, satukan input saluran khusus air dingin dengan saluran air kran. Jika sudah maka sambungkan keluaran kran ke shower. Kalian perlu memastikan bahwa seluruh komponen water heaterĀ telah tersambung serta terpasang dengan sempurna, sehingga tidak mudah mengalami bocor.

5. Lakukan percobaan

Jika semua komponen telah terpasang maka sekarang saatnya untuk melakukan percobaan. Kalian dapat membuka keran mesin pemanas airnya, kemudian lihatlah apakah ada yang bocor atau tidak. Agar kran tidak mudah bocor, kalian juga dapat menutup kran menggunakan seal tape. Sebelum kalian menggunakan pemanas airnya, pastikan dahulu kampu indikatornya telah menyala selama 15 menit. Setelah menyala 15 menit, barulah kalian dapat mulai menggunakannya.

Sekian untuk langkah pemasangan mesin pemanas air yang dapat kalian lakukan sendiri. Hanya dengan 5 langkah tersebut, mesin pemanas air sudah dapat kalian gunakan. Namun jika masih tetap merasa bingung, kalian dapat meminta jasa profesional untuk memasangkannya. Sehingga water heater dapat terpasang dengan sempurna dan tidak timbul masalah. Kemudian dalam kurun waktu beberapa bulan sekali, kalian harus melakukan service demi menjaga kualitas mesin pemanas airnya.

 

Dapatkan harga water heater terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *