Cara Pembuatan Neon Box

Begini Loh Cara Pembuatan Neon Box

Neon box saat ini menjadi salah satu media yang dijadikan sebagai sarana promosi dan pengenalan sebuah tempat bisnis. Dengan menggunakan neon box yang tepat, seperti memiliki lampu LED yang dapat bercahaya pada malam hari maka calon pelanggan bisa dengan mudah menemukan keberadaan tempat usaha tersebut Anda. Saat ini banyak sekali jasa pembuatan neon box yang bisa digunakan, namun bagaimana jika mencoba membuatnya sendiri. Dengan begitu bisa menghemat biaya dengan menggunakannya untuk hal lain.

Salah satu bahan yang bisa Anda gunakan adalah kayu. Pada dasarnya pembuatan neon box tidaklah sulit jika Anda memahami caranya dengan baik. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan membuat kotak kayu atau laci. Anda bisa menggunakan kayu bekas limbah seperti palet atau bos buah. Jangan lupa siapkan triplek untuk bisa memodifikasinya dengan baik.

Berikut Cara Pembuatan Neon Box dari Kayu dengan Mudah

Saat membuat neon box, akan terdapat sisi luas yang akan bisa dimanfaatkan untuk penempatan desain sesuai dengan keinginan. Selain itu pada sisi lebar, Anda bisa menggunakannya untuk peletakan lampu serta tambahan desain. Untuk bisa mengerjakannya dengan baik, minimal Anda harus memahami dasar pertukangan. Untuk itu, simaklah cara pembuatan neon box di bawah ini.

Lakukan persiapan

Sebelum membuat neon box, Anda perlu mempersiapkan semua alat dan bahan yang aman digunakan secara menyeluruh. Bahan yang harus disiapkan meliputi kayu, lampu neon, akrilik dan desain yang akan digunakan. Selain itu jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan sebagai berikut, gergaji kayu, lem, paku, obeng, amplas, pengukur segitiga siku dan pensil.

Buat box

Untuk tahap selanjutnya, Anda harus membuat box yang akan menjadi media rangkanya. Gunakan amplas untuk menghaluskan tripleks yang akan digunakan. Potong kayu sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Jangan sampai salah, karena jika pemotongan kayu tidak rapi maka akan terlihat kurang bagus. Gunakan lem terlebih dahulu untuk menyambungkan wilayah. Jika sudah pasti letaknya, Anda bisa mempererat sambungannya dengan menggunakan paku atau sekrup. Letakkan kayu pada keliling media dan punggung box. Wilayah tersebut nantinya akan ditambahkan desain agar terlihat lebih menarik.

Buat desain

Pembuatan desain merupakan bagian yang paling penting saat pembuatan neon box. Anda bisa menggunakan cara manual maupun menggunakan percetakannya dengan bentuk stiker atau banner. Pastikan Anda sudah memikirkan konsep desain terlebih dahulu sebelum menerapkannya, karena pada setiap logo maupun tulisan dapat mengandung makna yang penting untuk menjual brand yang Anda miliki. Anda juga harus menetapkan ukuran neon box yang akan digunakan agar bisa disesuaikan dengan banyaknya lampu yang akan digunakan.

Mulai merakit

Tahapan terakhir adalah merakitnya untuk menjadi satu komponen neon box yang utuh. Pasang lampu pada bagian rangka box dan pastikan semuanya menyala dengan baik. Sebagai alas, Anda bisa menggunakan kaca ataupun bahan akrilik. Letakan alas pada bagian rangka kemudian tempelkan dengan desain yang sudah dibuat sebelumnya. Gunakan sekrup untuk bisa memasangnya dengan lebih erat dan kencang. Penggunaan sekrup membuat kemungkinan kaca akan pecah semakin kecil. Selain itu, kerapian desain neon box bisa terjaga dengan lebih baik.

Itulah cara pembuatan neon box yang sederhana dan simple dari bahan kayu. Jika Anda mengikuti tahapannya dengan baik, neon box buatan sendiri bisa segera selesai. Setelah itu Anda hanya perlu memasangnya di bagian depan tempat usaha. Dalam pembuatan neon box, Anda harus memerhatikan desain serta warna yang dipilih agar terlihat menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *