Dak Beton Bangunan Anda Retak? Ini Dia Solusinya!

Kalau kita semua perhatikan, saat ini penggunaan atap dak tengah marak-maraknya, mengingat gaya arsitektur pada masa kini telah banyak beruah dan mulai merambah ke pembuatan bangunan itu sendiri. Gaya ini sendiri semakin sering diaplikasikan untuk beberapa jenis gedung sepertigedung kantor dan juga rumah tinggal karena mudah dilakukan. Salah satu jenis penggunaan yang biasa dilakukan adalah untuk atap dak. Beberapa cara pun dilakukan untuk melindungi seperti menggunakan waterproofing membrane bakar.

Memiliki Banyak Kelemahan

Namun sayangnya, pengaplikasian penggunaan atap dak ini juga memiliki kelemahan. Walau terbuat dari beton, atap dak ini masih tetap rawan terhadap kebocoran. Salah satu penyebabnya adalah tidak memasang jenis sika waterproofing yang dapat melindungi dak beton dari kebocoran. Hal ini biasa disebabkan oleh adanya keretakan pada dak yang diatasnya terdapat genangan air.

Parahnya, keretakan pada atap beton ini tidak hanya menyerang plesteran dari dak. Beton yang dilapisi pun ternyata bisa juga ikut retak. Biasanya, keretakan diakibatkan oleh proses pemasangan dak beton yang memang belum tepat dan sesuai standar, kurangnya perawatan dan juga terdapat pergeseran struktur, misalnya terjadi akibat gempa.

Tentu, hal ini harus cepat diatasi kalau tidak ingin ada hal lain yang memperburuk keadaan. Penggunaan waterproofing membrane bakar memang bisa merubah kondisi, namun anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat dan memperbaiki beton yang retak tadi. Sebuah bangunan yang menggunakan atap dak beton setidaknya membutuhkan masa perawatan selama 14-21 hari. Kegiatan ini dikerjakan agar keretakan tidak mudah terjadi.

Memperbaiki Kebocoran Dak Beton Dengan Aman

Kebocoran yantg terjadi pada atap dak beton tentu hal yang merugikan sekaligus menyebalkan. Agar kerusakan tidak semakin parah, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan sebelum akhirnya hal yang anda takutkan terjadi dengan seketika. Lalu bagaimana cara yang dapat dilakukan kalau terjadi keretakan pada atap dak beton? Ini dia tipsnya!

1. Melapisi Bocoran dengan Semen

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kebocoran pada dak beton adalah melapisi bocoran dengan semen. Namun, anda harus menyiapkan beberapa bahan untuk melapisi seperti semen, aqua shell, dan beberapa perkakas seperti kuas dan sikat.

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mencari dimana terjadi keretakan. Setelah menemukannya, anda harus segera menandainnya. Setelah itu anda dapat membersihkan area yang retak dan melapisinya dengan semen.  Cukup mudah bukan cara ini? Namun, walau mudah, anda harus tetap membuat adonan yang tepat campurannya agar keretakan tidak terjadi kembali. Selain itu, anda juga harus betul-betul mencari sumber kebocoran sebanyak-banyaknya agar menghindari dua kali kerja.

3. Melapisi Dak Beton dengan Waterproof

Melapisi Dak Beton dengan Waterproof

Hal kedua yang dapat anda lakukan adalah melapisi dak beton dengan waterproof, misalnya saja dengan waterproofing sika yang saat ini juga sudah banyak digunakan. Ketika menggunakan waterproof untuk dak beton, anda akan lebih terlindungi secara utuh dan membuat lapisan atas dak beton anda tahan terhadap air dan memperkecil peluang terjadinya kebocoran.

Namun, pengaplikasian waterproof seperti waterproofing membrane bakar memakan biaya yang jauh lebih besar daripada anda harus menambal kebocoran dengan semen. Tetapi yang harus anda perhatikan adalah kondisi bangunan dalam jangka panjang agar tetap tahan dengan berbagai kondisi cuaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *