Fungsi dan Cara Kerja Ball Valve

Bagaimana Fungsi dan Cara Kerja Ball Valve? Berikut Penjelasannya!

Apabila dilihat dari casenya, mungkin kita akan merasa sulit untuk membedakan mana yang ball valve dan mana yang globe valve.  Pasalnya kedua benda tersebut memang memiliki bentuk yang hampir sama jika dilihat secara sekilas. Namun meski tampak sama, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Jadi, bola valve merupakan katup yang memiliki pengontrol aliran dan berbentuk bola. Kemudian bola tersebut terdapat lubang di bagian tengahnya. Dengan menggunakan valve ini, maka aliran uap dapat lebih teratur alirannya dan tekanannya. Kemudian pastinya, aliran uap tidak akan terhambat.

Fungsi dan Cara Kerja Ball Valve

Ball valve banyak dibutuhkan karena memiliki fungsi yang sangat membantu bagi proyek tertentu. Selain itu bola valve pun memiliki kelebihan seperti tekanannya rendah, jarang mengalami bocor, memiliki ukuran yang sederhana, tidak begitu berat, tidak mudah terkontaminasi dan mudah untuk dibuka. Bola valve ini cukup mudah dalam pemakaian dan perbaikannya. Di sini kami akan menjelaskan bagaimana cara kerja beserta fungsi dari bola valve:

1. Ketika membuka dan menutup aliran

Di sini ball valve memiliki fungsi untuk menutup dan juga membuka aliran uap. Pada saat terbuka, akan memiliki hambatan aliran dengan tekanan yang minimum. Sehingga aliran yang dikeluarkan jadi lebih lancar.

2. Ketika mengatur aliran

Bola valve pun berfungsi sebagai pengatur aliran. Dalam mengatur aliran, valve ini menahan alirannya menggunakan perubahan arah dan menggunakan sebuah hambatan. Namun di saat tertentu, kedua cara tersebut dikombinasikan demi menciptakan aliran yang lebih baik.

3. Ketika mengatur tekanan

Bola valve difungsikan sebagai pengatur tekanan, sehingga sering kalian temukan di lapangan. Biasanya tekanan yang masuk nantinya harus dikurangi demi mencapai tekanan yang telah diinginkan. Biasanya akan menggunakan pressure-reducing atau regulator.

4. Ketika melepas tekanan

Cara kerja ball valve ketika mengatur tekanan akan memanfaatkan relief valve dan juga safety valve. Jadi relief valve ini digunakan untuk memberikan solusi ketika terdapat tekanan yang berlebih, dapat mengganggu proses aliran dan kegagalan proses aliran. Safety valve menggunakan spring loaded, valve ini nantinya akan terbuka apabila terkena tekanan melebihi batas yang telah ditentukan. Bisa dikatakan benda ini benar-benar memahami apa yang harus segera dilakukan ketika terjadi sesuatu.

Sekian cara kerja yang dilakukan oleh bola valve sesuai dengan fungsinya masing-masing. Bagi yang membutuhkan bola valve, hendaknya carilah yang berkualitas. Pasalnya jika salah memilih, maka bola valve pun tidak akan menjalankan fungsinya dengan maksimal. Namun meskipun valve ini memiliki sejumlah kelebihan, ada pula kekurangan yang dimiliki. Beberapa kekurangannya seperti sering terjadi gesekan antar ball dengan seat.

Kemudian pembukaan dengan tipe handel akan menimbulkan palu air, sehingga tekanannya akan besar dan merusak sambungan serta dinding pipa.  Sehingga kalian pun tetap harus sering melakukan pengecekan. Bola valve sering kali digunakan pada sebuah proses hybrocarbon karena benda tersebut dapat mengatur besar kecilnya alira dalam gas dan uap. Bola valve kedap dalam menahan fluida atau zat cair karena menggunakan angkle untuk membuka dan menutup.

Jika dilihat dari bentuknya, bola valve ini memiliki bentuk yang sangat sederhana. Sehingga dapat meminimalisir turunnya tekanan ketika valve sedang dibuka secara penuh. Untuk harga ball valve di temtera.com cukup beragam. Kalian dapat menemukannya mulai dari harga yang murah hingga tertinggi, semuanya tergantung dari toko dan kualitas valve yang kalian pilih nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *