Ini Dia Cara Pengaplikasian Partisi Kaca Dengan Tepat

Dalam membangun segala jenis bangunan baik rumah, kantor, gedung dan lain sebagainya, tentu saja menggunakan beberapa jenis material untuk bisa memberikan kesan yang nyaman sangatlah diperlukan. Nah, pada setiap bangunan tentu saja akan ada pembagian ruangan, di mana untuk membaginya biasanya menggunakan partisi.

Partisi ini memiliki beberapa jenis dan juga bahan materialnya, di mana tentu saja dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan ruang serta dari segi desain. Salah satu jenis partisi yang terbilang unik dan juga memiliki kesan yang sangat mewah adalah partisi kaca tempered.

Partisi dengan kaca tempered sangatlah populer, terlebih lagi kaca jenis ini sangatlah kuat dan lebih aman ketika digunakan. Ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengaplikasian partisi ini, karena kesalahan ketika mengaplikasikan partisi ini dapat membuatnya retak bahkan pecah.

Cara pengaplikasian partisi kaca tempered yang benar

Partisi yang menggunakan bahan tempered glass juga biasanya menggunakan pintu kaca. Untuk memasang partisi ini tentu saja harus menggunakan cara yang tepat, di mana hal ini sangat penting agar partisi dapat berdiri kokoh dan awet. Di bawah ini sendiri akan diberikan penjelasan secara singkat bagaimana cara mengaplikasikan partisi kaca yang benar tanpa menggunakan frame. Yuk, kita lihat caranya.

Pengaplikasian partisi kaca tanpa frame

Dalam pemasangan pintu dari kaca sendiri ada dua metode yang dilakukan, yang pertama adalah pengaplikasian partisi kaca tanpa menggunakan frame atau frameless dan juga menggunakan kusen seperti alumunium ataupun kayu. Berikut ini adalah cara aplikasi partisi kaca tempered yang tidak menggunakan frame :

  1. Menyiapkan bidang untuk pemasangan partisi kaca, di mana tentu saja untuk mempersiapkan bidang pemasangan ini harus dapat dilakukan dengan detail agar partisi kaca dapat dipasang dengan tepat.
  2. Selanjutnya, Anda perlu membuat cerukan pada bagian atas dan bawah dinding. Di mana untuk kedalamannya sekitar 1,5 cm. Ketika membuat cerukan ini harus lurus dan juga tidak boleh berbeda kedalamannnya, karena jika berbeda maka kaca akan terpasang dengan tidak benar.
  3.  Pada pemasangan partisi kaca ini, Anda harus memastikan pegangan lis “U” terpasang dengan baik. Caranya adalah dengan menambah adukan semen pada cerukan, di mana ini bertujuan supaya lis “U” dapat mencengkram dengan kuat.
  4. Jika sudah menambah adukan semen, selanjutnya adalah memasang lis “U” dengan menggunakan yang ukuran 1 cm pada kedua cerukan.
  5. Kemudian, ketika lis “U” sudah terpasang Anda perlu memberikan sealant pada bagian atas dan bawahnya. Lalu masukan kaca secara miring.
  6. Selanjutnya Anda juga harus menambahkan sealant pada bagian atas dan bawah kaca tempered yang digunakan agar dapat membuat kaca terpasang dengan kuat.
  7. Jika sudah semua dilakukan, selanjutnya Anda perlu untuk memasang sealant pada semua bagian secara merata. Hal ini sangatlah penting agar kaca dapat berdiri dengan kokoh dan juga kuat.
  8. Apabila sudah terpasang dengan baik dan memastikan kaca sudah terpasang, selanjutnya adalah dengan membersihkan kaca dengan koran basah dan semua proses pun selesai.

Itu adalah penjelasan secara singkat cara mengaplikasikan pintu kaca atau partisi kaca dengan tepat, di mana tentu saja Anda juga harus mengetahui beberapa hal. Salah satunya adalah pemilihan lis, di mana ukuran lis 1 cm hanya bisa digunakan pada kaca yang ketebalan tidak lebih dari 5 mm. Jika kaca yang digunakan lebih dari 8 mm lebih baik menggunakan lis ukuran 2 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *