Bubuk Gypsum

List Gypsum Patah? Yuk Perbaiki Dengan 4 Cara Ini!

Apa sih gypsum itu? Gypsum adalah salah satu bahan bangunan yang sering sekali dipakai sebagai plafon, dinding, maupun interior rumah. Dari ketiganya, gypsum lebih populer digunakan sebagai plafon rumah. Alasannya tak lain karena perawatannya yang mudah. Maka dari itu, tak heran bila pada akhirnya banyak orang yang memilih menggunakan gypsum daripada bahan bangunan lainnya untuk plafon rumah mereka. Selain itu, harga plafon gypsum murah dibandingkan bahan bangunan lainnya seperti kayu atau papan partikel. Namun, plafon dari bahan gypsum ini juga memiliki kekurangan, yaitu bisa retak atau patah apabila terkena benturan yang cukup keras dan ditaruh di ruangan yang lembab. Untuk menyiasatinya, anda hanya perlu menerapkan salah satu dari keempat cara di bawah ini untuk mengatasi plafon gypsum anda yang patah. Check it out!

Sambung Patahan Gypsum dengan Plaster

 

Plaster

Ketika plafon gypsum patah, pastikan terlebih dahulu panjang patahannya. Apabila patahannya tidak terlalu panjang, artinya masih ada kemungkinan untuk anda perbaiki. Anda bisa memperbaiki plafon gypsum anda yang patah dengan menyambungnya menggunakan plaster. Tapi, bukan sembarang plaster yang bisa anda gunakan untuk menyambung patahan gypsum ini. Anda harus menggunakan plaster khusus yang diformulasikan untuk gypsum. Supaya sambungannya kuat, anda juga bisa menambahkan serat fiber di sela-sela patahan gypsum sebelum anda melapisinya dengan plaster.

Rekatkan Patahan Gypsum dengan Bubuk Gypsum/Compound

 

Bubuk Gypsum

Cara selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan merekatkan patahan gypsum menggunakan bubuk gypsum. Bubuk ini biasanya disebut dengan compound. Tapi, sebelum anda merekatkan bagian gypsum yang patah sebaiknya bersihkan terlebih dahulu bagian patahan gypsum tersebut dengan menggunakan cairan TSP (Trisodium Phospate). Hal ini dilakukan agar compound dapat merekat kuat pada bagian gypsum yang patah. Sesudah dibersihkan dengan cairan TSP, tunggu beberapa menit hingga plafon benar-benar kering. Selanjutnya, oleskan compound pada area gypsum yang patah. Untuk mendapatkan tekstur yang halus, anda bisa mengoleskan compound menggunakan alat sejenis pisau.

Tambal Patahan Gypsum dengan Semen

 

Semen

Apabila anda kesulitan menemukan bahan-bahan seperti cara sebelumnya, mungkin anda bisa mencoba cara yang satu ini. Cukup dengan membeli semen di toko material anda sudah bisa menambal bagian plafon rumah anda yang patah. Caranya, campurkan semen dan air hingga membentuk adonan dengan skala komposisi semen dan air sebanyak 3:1. Setelah adonan tercampur rata, selanjutnya oleskan adonan semen pada bagian plafon yang patah, retak, atau berlubang. Tunggu beberapa menit hingga semen mengering. Setelah kering, amplas permukaan plafon yang telah diolesi semen tersebut agar teksturnya menjadi halus. Untuk mengamplas, anda bisa menggunakan segala jenis amplas, baik itu amplas biasa atau alat amplas.

Beli dan Pasang Gypsum Baru

 

Pasang Gypsum Baru

Nah, ini adalah cara paling simple dan cocok buat kamu yang tak ingin ribet. Caranya adalah dengan membeli dan memasang plafon gypsum yang baru. Belilah plafon gypsum murah yang dijual di toko-toko material sekitar anda. Bila tidak ada, anda juga bisa memesan plafon gypsum yang dijual secara online di situs-situs material tertentu. Tapi, perhatikan juga kualitasnya sebelum anda membeli. Pilih plafon gypsum yang tebal dan kuat agar tidak mudah patah. Kemudian, mintalah bantuan ahli untuk mengganti plafon gypsum anda yang sudah patah dengan memasang plafon gypsum yang baru. Hal ini dilakukan untuk menghindari cara pemasangan yang salah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *