Mengenal Epoxy

Mau pakai bahan lantai yang mana ya?, Ini Beda Epoxy dan Floor Hardener

Pengetahuan tentang pekerjaan lantai pada konstruksi seperti floor hardener atau epoxy sangat diperlukan oleh masyarakat. Adanya perkembangan ini membuat kita perlu mengetahui apa saja yang membedakan floor hardener atau epoxy, apa kelebihan dari masing-masing bahan-bahan ini. Adanya kelebihan pada bahan epoxy dan floor hardener membuat harga floor hardener dan epoxy juga bebeda.

Mengenal Floor Hardener

 

Mengenal Floor Hardener

Floor hardener adalah bahan pengeras, pelicin panda lantai beton, banyak campuran yang digunakan untuk membuat lantai beton seperti pasir, semen, grading,silika, dan lain sebagainya. Material floor hardener berupa bubuk yang nantinya ditaburkan pada beton yang masih basah. Harga floor hardener dipengaruhi oleh merk dari tiap jenisnya, golongan merk Sika, Faricon, Fasroc, dan Ultrachem merupakan merk dengan kualitas yang baik sehingga harganya relatif mahal.

Penggunaan floor hardener unutk membuat lantai di area parkir, garasi, lantai pergudangan, area pabrik, atau pun untuk area di jalan raya. Fungsi dari floor hardener adalah untuk memperkuat permukaan lantai beton dari gesekan dan mengurangi benturan. Harga floor hardener sika sebetulnya bersaing dengan bahan-bahan lantai yang lainnya, tetapi karena penggunaan bahan ini yang cukup banyak untuk proyek konstruksi skala besar, sehingga perlu menyediakan biaya yang besar juga.

Floor hardener memiliki dua jenis, jenis bahan pertama adalah bahan natural di mana bahan ini menyerupai warna asli dari semen atau beton, sehingga harganya cenderung lebih murah. Jenis yang kedua adalah bahan berwarna, jenis ini bahannya berwarna ada merah, hijau, kuning, dan biru, sehingga bahannya relatif mahal.

Mengenal Epoxy

 

Mengenal Epoxy

Epoxy secara umum merupakan jenis bahan kimia, atau istilah lainnya adalah resin dari adanya proses polimerisasi serta epoksida yang digunakan sebagai bahan perekat, cat untuk berbagai jenis material. Epoxy ini merupakan bahan yang dicampurkan dengan bahan hardener atau bahan untuk pengeras, sifat epoxy mampu mengubah bahan cair menjadi padat, lebih kuat, tahan panas. Ketahanan epoxy resin dapat melapisi berbagai jenis bahan di antaranya kayu, logam, baja, lantai beton, bahkan bahan kaca.

Penggunaan epoxy untuk mencat berbagai jenis lantai memang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat yang ingin menghias lantai rumahnya sedikit berbeda dengan lantai konvensional. Karena ketahanannya bahan ini sering digunakan untuk melapisi segala bahan padat. Fungsi epoxy pada lantai adalah untuk memberikan perlindungan dari goresan, keretakan, atau kerusakan lainnya.

Beda Floor Hardener dan Epoxy

Jika dilihat dari fungsinya sebetulnya keduanya memiliki kemiripan, hanya berbeda dari segi bahan yang digunakan. Jika bahan epoxy lantai terdiri dari beberapa jenis epoxy, sedangkan floor hardener memiliki sifat streilasi yang tinggi. Oleh karena itu, floor hardener banyak digunakan di berbagai tempat industrial, atau layanan kesehatan.

Memilih lantai dengan bahan floor hardener atau epoxy sesuaikan dengan tampilan bangunan, jika untuk membuat lantai gudang lebih baik anda menggunakan bahan floor hardener, sedangkan jika ingin membuat tampilan lantai bangunan lebih berwarna anda dapat menggunakan bahan epoxy. Semuanya sama-sama memiliki daya tahan untuk melindungi lantai dari gesekan atau benturan. Perbedaan yang paling mencolok adalah tampilan floor hardener yang cenderung lebih kaku dibandingkan dengan tampilan epoxy yang indah, pilihan warna lebih beragam dengan bahan epoxy dibandingkan lantai dengan bahan floor hardener.

Kira-kira bahan lantai mana yang anda ingin gunakan?. Pilih bahan lantai yang sesuai dengan kegunaan bangunanmu. Selamat membangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *