Jenis-jenis Kawat harmonika

Mengenal Jenis-jenis Kawat harmonika

Pernahkah kalian pergi ke lapangan basket atau lapangan futsal di area terbuka? Biasanya lapangan-lapangan tersebut seperti berada di dalam jeruji besi. Kita harus masuk kedalam dan biasa memainkan olahraga yang kita sukai. Sekeliling lapangan di lindungi atau ditutup dengan sebuah pagar berbentuk anyaman yang terbuat dari besi.

Pagar inilah yang dinamakan dengan kawat harmonika. Tidak hanya lapangan yang memanfaatkan kawat harmonika. Masih banyak manfaat dan kegunaan dari kawai jenis ini. Kawat pagar memiliki beberapa jenis yang bias menjadi pilihan masyarakat. Masing-masing jenis memiliki kelebihannya sendiri. Berikut ini beberapa jenis dari kawat pagar harmonika.

Kawat Harmonika Biasa

Jika sudah bicara biasa maka kawat ini jelas biasa-biasa saja. Kawat terbuat dari alumunium dengan kualitas yang bias dikatakan sedang. Harga kawat harmonika biasa relative murah karena kualitas yang ditawarkan juga bias dikatakan tidak terlalu bagus.

Kawat dilengkapi dengan cat sehingga warnanya cukup mengkilap dan menarik untuk digunakan. Kawat ini akan mengalami perkaratan seirig berjalannya waktu. Tetapi kita tidak perlu khawatir, kawat akan tahan dalam waktu yang lama sebelum mengalami korosi.

Kawat harmonika Galvanis

Kawat ini memiliki bahan utama alloy dengan mengalami proses pemanasan dengan suhu yang cukup tinggi. Kawat galvanis ini dilapisi dengan timah sehingga memiliki kualitas dan kekuatan yang baik. Warna kawat jenis ini umumnya silver mengkilap dan sangat bersih.

Bicara mengenai harga, kawat ini termasuk kawat dengan harga yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Harga yang lebih tinggi tentu saja memiliki kualitas yang tinggi pula. Kawat mampu bertahan dalam waktu yang lama dan tidak mudah putus. Selain itu, kawat ini di desain tahan korosi.

Bukan menjadi sebuah rahasia jika kawat harmonika tahan korosi. Hamper semua kawat galvanis tahan korosi. Jika terjadi korosi, itu terjadi dalam proses yang cukup lama. Kandungan bahan anti korosi yang dicampurkan para kawat menjadi penyebabnya.

Kawat harmonika PVC

Ciri umum kawat PVS adalah warnanya. Warna kawat PVC biasanya hijau tua atau biru agak gelap. Warna ini dipengaruhi oleh pelapis luar kawat. Seperti namanya, kawat ini dilapisi dengan bahan pipa PVC. Bahan ini bertujuan melindungi kawat dari korosi.

Apabila kawat tidak dilengkapi PVC, kawat pasti akan mudah berkarat dan jelek. Pemasangan pipa PVC pada kawat dilakukan sebelum kawat di bentuk menyerupai anyaman. Hal ini bertujuan agar permukaan kawat dapat terlapisi secara keseluruhan.

Kawat harmonika memiliki bentuk menyerupai anyaman. Jangan bayangkan proses pembuatannya secara manual. Pembuatan secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lama dengan hasil yang tidak begitu bagus.

Kawat jenis ini dibuat dengan menggunakan teknologi yang canggih. Penggunaan teknologi canggih memungkinkan bentuk anyaman bagus dan sama besar. Kawat jenis ini biasa digunakan sebagai pagar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kawat sering digunakan pada pagar lapangan. Lapangan futsal maupun basktes pastinya membutuhkan pelindung. Apabila lapangan dibiarkan terbuka dikhawatirkan bola bias mengenai bangunan disekitar lapangan. Belum lagi kemungkinan bola keluar lapangan dan meninggalkan lapangan cukup jauh. Pasti lelah mengambilnya.

Selain sebagai tembok pemisah, kawat juga akan melindungi bola keluar terlalu jauh. Kawat juga kuat dihantam bola berulangkali. Inilah manfaat dan fungsi dari kawat harmonika. Demikian uraian singkat mengenai jenis-jenis kawat harmonika yang banyak beredar dipasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *