Bahaya Debu Pada Ruang Makan

Ruang Makan Anda Dipenuhi Debu? Awas 4 Bahaya Ini Mengintai Anda!

Sebelum membangun hunian baru, perencanaan desain interior merupakan step penting yang tidak boleh dilewatkan. Salah satunya yaitu perancangan desain untuk ruang makan. Untuk bagian dinding, anda bisa memilih untuk menggunakan wallpaper.

Sekarang ini telah banyak toko yang jual wallpaper korea kekinian. Jadi anda tidak akan sulit untuk mendapatkannya. Wallpaper dinding juga sedang trend sebab sangat fleksibel bila ingin diganti-ganti.

Selain desain dinding, anda juga harus memikirkan desain gaya ruangan dan furnitur pada ruang makan anda. Sebaiknya anda memilih desain minimalis dengan sedikit furnitur yang modelnya simpel.

Ini akan memberikan keuntungan bagi anda dalam meminimalisir banyaknya debu yang bisa menempel terutama di furnitur ruang makan anda. Sebab seperti yang kita ketahui debu berbahaya bagi kesehatan. Nah agar lebih jelas lagi, pada artikel ini kami akan memberikan informasi yang lebih detail mengenai bahaya yang bisa diakibatkan dari debu. Penasaran? Yuk, simak uraian lengkapnya berikut ini!

4 Bahaya Debu Pada Ruang Makan

Ruang makan merupakan bagian dalam rumah yang digunakan terutama untuk aktivitas menyantap makanan baik saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Bayangkan jika di ruangan vital tersebut terdapat banyak tumpukan debu.

Semakin kecil ukuran partikel debu, semakin ringan dan mudah untuk menempel di makanan atau peralatan makan anda. Selanjutnya debu akan berpotensi terhirup oleh hidung atau termakan dan masuk ke saluran pencernaan.

Nah lalu apa yang akan terjadi jika debu telah masuk ke dalam tubuh? Berikut adalah 4 efek samping yang berpotensi muncul.

1. Gangguan pencernaan dan diare

Jangankan makanan yang dijual di sebarang tempat, makanan yang kamu simpan di ruang makan pun berpotensi terkena debu, apalagi bila makanan tersebut tidak ditutup dengan baik. Sulit untuk mengetahui dengan mata telanjang apakah makanan bersih dari debu atau tidak. Oleh karena itu, tidak heran jika anda cenderung langsung saja memakan makanan tersebut. Alhasil, saat debu dan bakteri di dalamnya masuk ke saluran pencernaan. Lalu anda pun akan terkena diare. Diare yang parah dapat membuat anda dehidrasi loh! Penyakit ini tidak boleh disepelekan, sebab banyak kasus orang meninggal karena dehidrasi akibat diare.

2. Alergi dan infeksi

Debu yang masuk melalui hidung dan saluran pernafasan dapat membuat anda batuk, pilek, hingga bersin-bersin. Hal tersebut sebenarnya adalah hal yang wajar, sebab itu merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan debu. Namun, hal ini juga bisa menjadi pemicu kambuhnya alergi bagi kamu yang sensitif terhadap debu. Lebih parah lagi alergi tersebut bisa berlanjut menjadi infeksi.

3. Asma dan rhinitis

Debu merupakan musuh bagi orang yang memiliki penyakit asma. Bila ruang makan tidak sering dibersihkan bukan tak mungkin jika penyakit asma ini menjadi sering kambuh. Selain menyebabkan asma kambuh, debu juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit rhinitis, yaitu peradangan pada hidung.

4. Iritasi pada mata

Tak hanya dapat terhirup ke saluran pernapasan, debu juga dapat masuk ke dalam organ mata. Debu tersebut dapat menimbulkan iritasi yang ditandai dengan warna mata menjadi merah. Untuk mengatasinya, anda harus menggunakan obat tetes mata.

Sekian informasi mengenai 4 bahaya yang dapat ditimbulkan dari debu yang ada di ruang makan. Dengan membaca artikel ini, kami harap selanjutnya anda dapat mendesai ruang makan dengan seminimalis mungkin dan diisi menggunakan berbagai furnitur simpel yang bahannya membuat debu tidak mudah menempel.

Soal desain dinding ruang makan, anda tak usah khawatir karena harga wallpaper dinding murah dan bisa dibilang terjangkau. Selamat mendapatkan ruang makan impian anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *