Tips Menciptakan Kantor yang Nyaman

Simak 5 Tips Mudah Menciptakan Kantor yang Nyaman Berikut Ini

Sebagai pusat bekerja para karyawan yang menunjang majunya perusahaan, maka kantor harus ditata senyaman mungkin. Banyak faktor pendukung yang bisa menjadikan area ini nyaman ditinggali, mulai dari fasilitas yang lengkap, suasana ruangan yang segar, hingga hubungan baik antar staf karyawan. Oleh sebab itu, penataan meja kantor atau benda lain di dalamnya tidak boleh diabaikan karena memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan karyawan.

5 Tips Menata Kantor yang Nyaman

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan dalam melakukan penataan ruangan kantor yang lebih nyaman dari sebelumnya. Namun, beberapa cara berikut adalah yang paling mudah untuk diterapkan namun memiliki dampak yang cukup besar, diantaranya

1. Lakukan Penataan Sesuai Privasi dan Aturan Kantor

Tips Menata Kantor yang Nyaman

Setiap kantor memiliki aturan serta privasi tersendiri yang telah ditentukan oleh perusahaan, demi kualitas karyawan. Ada yang menuntut antar staf banyak melakukan komunikasi dan bertukar opini selama proses kerja. Namun, banyak pula yang mewajibkan karyawan lebih tertutup dan fokus ketika sedang bekerja.

Penataan perabotan yang ada di dalam kantor harus disesuaikan dengan kondisi tersebut. Jika karyawan diwajibkan untuk saling terbuka, maka posisinya harus saling berhadapan dan memungkinkan mereka konsultasi dengan mudah. Sebaliknya, jika ingin karyawan lebih fokus dan individual ketika bekerja, maka posisi meja kantor harus berjajar, atau diberi sekat.

2. Pastikan Posisi Alat Kerja Nyaman

Agar ruangan kantor terasa lebih nyaman, khususnya untuk aktivitas kerja, maka peralatan yang menunjang pekerjaan harus ditata dengan posisi yang tepat. Misalnya meletakkan printer dengan posisi yang bersebelahan dengan komputer agar mudah dalam melakukan pengecekan.

Selain itu, beberapa peralatan kerja yang jarang diaplikasikan seperti CPU bisa diletakkan agak jauh dari jangkauan. Khusus alat komunikasi kantor, wajib diletakkan pada posisi yang paling dekat dengan jangkauan untuk mempermudah menerima informasi dan tugas mendadak dari atasan.

3. Pilih Meja dengan Ukuran Standar dan Memiliki Ruang Penyimpanan

Pada beberapa kantor seringkali ditemui luas meja yang sangat berlebihan, namun tidak memiliki loker tempat penyimpanan. Akibatnya, karyawan meletakkan semua berkas dan dokumen penting di atas meja bersebelahan dengan alat kerja.

Hal ini tentu sangat tidak direkomendasikan karena akan membuat meja terlihat berantakan, dan mempersulit karyawan dalam menata dokumen. Sebaliknya, akan lebih nyaman jika ukuran meja standar, namun memiliki  ruang penyimpanan khusus

4. Atur Pencahayaan

Cahaya sangat dibutuhkan untuk menerangi ruangan, sehingga banyak kantor yang menggunakan jendela kaca sebagai penerangan di siang hari yang lebih hemat. Namun, penataan cahaya menggunakan jendela kaca juga harus disesuaikan dengan posisi meja kerja para karyawan.

Jangan sampai posisi cahaya yang masuk ke jendela tepat berada di posisi wajah karyawan yang membuat mereka silau. Namun, jangan pula membelakangi karyawan atau meletakkan perabotan yang menghalangi cahaya masuk sehingga ruangan terasa gelap.

5. Jaga Kesegaran Ruang dengan Taman

Walaupun kantor sudah menggunakan AC, namun bukan berarti kesegaran karyawan bisa terjaga hanya karena kondisinya tidak panas. Justru AC yang berlebihan akan membuat area terasa pengap dan membuat kulit kering serta nafas terkadang sesak.

Oleh sebab itu untuk menjaga kesegaran kantor, bisa diimbangi dengan meletakkan tanaman hias yang hijau di meja atau sudut ruangan. Pada siang hari tanaman ini akan menstabilkan kondisi karyawan karena menghasilkan oksigen yang bisa dihirup dan mengurangi rasa kantuk.

Demikianlah beberapa penataan yang bisa anda terapkan untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam kantor. Cara ini bisa menghemat budget anda karena tidak membutuhkan jasa dekorasi ruangan yang mahal untuk melakukannya. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi anda untuk membiarkan meja kantor serta kondisi di dalamnya berantakan demi meningkatkan kenyamanan karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *