Tips Ciptakan Ruang Tidur

Tidur kurang Berkualitas? Inilah Tips Ciptakan Ruang Tidur yang Bebas dari Kebisingan

Kapan terakhir kalinya Anda merasakan tidur yang benar – benar berkualitas? Mungkin bagi sebagian orang yang terlalu sibuk dan kelelahan saat bekerja mendambakan tidur nyenyak untuk beristirahat mengembalikan stamina. Namun hal itu tidak bisa terwujud karena kebisingan dari luar kamar yang mengganggu. Untuk menghambat suara – suara masuk ke dalam kamar, bisa melakukan  beberapa cara seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Menggunakan Karpet

Suara bising bisa berasal dari ruang yang berada disekitar kamar tidur, seperti ruang keluarga, ruang tamu, dapur atau bahkan teras. Untuk meredam atau mengurangi suara yang masuk ke dalam kamar, dapat menggunakan karpet. Sekarang ini banyak jenis karpet yang berfungsi sebagai peredam suara, misalnya glasswool dan mudah didapatkan di toko yang jual glasswool dengan harga bervariatif. Letakkan karpet didinding kamar atau lantai untuk menghambat kebisingan.

Menggunakan Acoustic Foam

Bahan acoustic foam berupa busa lembut dengan tonjolan – tonjolan yang berbentuk seperti karpet telur dan berfungsi meredam suara secara total. Untuk harga 1 (satu) lembar acoustic foam dengan tebal 5 cm dan memiliki ukuran 2 m x 1 m yaitu sekitar Rp. 100.000. Memang terbilang cukup mahal, namun kualitasnya dalam meredam ruangan dari kebisingan sudah terjamin bagus.

Menggunakan Gorden (Tirai)

Jendela bisa menjadi salah satu sumber kebisingan yang mengganggu, apalagi jika letak jendela berada di pinggir jalan tempat kendaraan berlalu lalang. Untuk mengurangi suara masuk ke dalam kamar, bisa disiasati dengan menggunakan gorden (tirai). Pilihlah bahan yang cukup tebal agar suara dari luar tidak bisa menembus ke dalam. Dengan penggunaan tirai paling tidak suara yang berasal dari luar tidak merembet masuk terlalu banyak.

Mengaplikasikan Cat yang bisa Meredam Suara

Cat yang bisa Meredam Suara

Saat ini sudah ada jenis cat yang bisa berfungsi untuk meredam suara yang berasal dari luar. Walaupun belum banyak toko menjual jenis cat ini. Cara mengaplikasikannya sama dengan mengaplikasikan cat biasa, tetapi cat peredam suara ini dapat merdam suara hampir 30%. Cukup efektif bukan? Selain tidak bisa mempercantik ruangan kamar, juga bisa meredam suara.

Menggunakan Serat Kayu

Tidak banyak yang tahu jika serat yang berasal dari kayu atau tanaman bisa digunakan untuk meredam suara. Penggunaan serat kayu pada kamar cukup diaplikasikan di dinding dengan cara ditempel menggunakan lem khusus. Setelah itu, lakukan finishing ​​​​dan letakkan triplek di atas lapisan tersebut lalu cat. Selain serat kayu, ada bahan lain yang bisa untuk meredam suara yaitu serat dari batuan mineral atau rockwool. Harga rockwool di pasaran sekitar Rp. 35.000 per lembar tergantung dari ketebalannya.

Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu cara dalam membantu memulihkan stamina tubuh setelah lelah seharian beraktivitas. Selain kamar yang bebas bising, suasana kamar yang bersih dan segar juga bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Jangan lupa untuk selalu rajin membersihkan kamar dari debu dan kotoran, mengganti seprai secara berkala serta menjemur bantal supaya kuman tidak menyerang tubuh Anda.

Pemakaian peredam suara memang terbilang sangat efektif dalam membantu menciptakan kamar yang nyaman bebas bising. Akan tetapi, masih banyak orang yang malas mengaplikasikannya, karena dianggap terlalu rumit dan memakan banyak biaya. Padahal sekarang ini sudah ada toko bangunan yang jual glasswool sebagai peredam suara dengan harga yang lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *