Interior Butik

Tips dan Trik Mendesain Interior Butik

Kamu sedang berencana membuka usaha butik? Atau ingin merealisasikan offline store karena usaha toko online mu sudah berkembang pesat?  Salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan matang adalah penataan interior butik, sebab interior yang menarik akan membuat pembeli betah berlama-lama di dalam butik.

Dengan demikian besar pula peluang untuk mendapatkan order dari pembeli.  Desain interior butik dapat dijadikan sebagai sarana membangun awareness pelanggan, sehingga bisa menjadi salah satu strategi pemasaran jangka panjang.  Berikut ini tips dan trik agar tampilan interior butikmu membuat pelanggan terkesan.

Memilih Tema Sesuai Karakteristik Konsumen

Sebelum menentukan tema kamu harus memahami karakteristik konsumen yang akan kamu sasar.  Apakah perempuan atau laki-laki? Berapa rentang usianya? Dari kalangan seperti apa?  Bagaimana kecenderungan dan minat mereka?

Semua pertanyaan tersebut dapat kamu jawab melalui riset.  Tema dapat ditentukan setelah kamu menentukan target pasar yang dituju.  Misalnya target pasar kamu adalah remaja putri dan perempuan dewasa muda, dengan rentang usia pelajar SMA hingga under 30 tahun.  Tema yang sesuai adalah tema yang lembut, musim semi, liburan, pedesaan, atau dinamis dan energik.  Tentu berbeda jika kamu ingin membangun butik untuk wanita dewasa dan paruh baya, kesan yang sesuai adalah elegan, smart, dan glamour.

Seluruh tampilan interior butik sangat bergantung pada tema, termasuk warna dan corak dinding.  Jika belum berani mengekplor warna, gunakan saja warna-warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, atau krem.  Demikian juga dengan motif karpet kantor untuk menghias lantai.  Sesuaikan motif dan warna karpet dengan tema.

tampilan interior butik

Pintu Masuk dan Dinding Kaca

Pintu masuk yang lebar terkesan lebih ramah dan welcome untuk siapa saja.  Sedangkan pintu masuk yang kecil terkesan lebih privat dan tertutup.  Sebaiknya kamu gunakan pintu masuk berukuran lebar agar pengunjung lebih mudah melongok ke dalam butik.  Lebih bagus jika kamu gunakan dinding dari kaca sehingga setiap orang yang lewat di depan butik bisa melihat betapa menariknya interior ruang butikmu.

Kemudahan Akses

Akses yang dimaksud adalah bagaimana pengunjung bisa mengjangkau pakaian yang ingin dilihat atau dicobanya.  Upayakan berikan tanda navigasi yang cukup jelas agar mereka bisa mencarinya sendiri tanpa harus bertanya kepada pelayan.  Kemudahan akses in sangat memengaruhi mood calon pembeli.  Jika mereka harus selalu bertanya kepada pelayan tentu akan cepat jengah dan memilih pergi dari butik.

Mengklasifikasikan Barang Dengan Baik

Susun dan satukan barang yang sejenis.  Jika butikmu menyediakan pakaian untuk berbagai rentang usia dan gender, pisahkan antara pakaian laki-laki, perempuan, dan anak.  Lalu tata berdasarkan ukuran dan warna.  Susunan warna yang apik dari keseluruhan produk juga aksesoris yang kamu order dari toko karpet Jakarta bisa memperindah tampilan interior butikmu loh.

Kerapian Interior Butik

Menjaga Kebersihan dan Kerapihan

Setiap orang pasti menyukai suasana bersih dan rapi.  Pastikan kondisi produkmu tetap rapi setelah dilihat-lihat oleh pelanggan.  Selain itu, menjaga kebersihan toko dapat meningkatkan kesan elegan dan berkelas.  Untuk menjaga kebersihan lantai, kamu bisa meminta rekomendasi dari toko karpet Jakarta yang telah berpengalaman menyediakan karpet untuk butik.

Tambahkan Aksesoris Unik

Sesuaikan penggunaan aksesoris dengan tema yang kamu pilih.  Beberapa jenis aksesoris yang bisa kamu gunakan adalah lukisan, poster, buket bunga, wallpaper dinding, karpet kantor bermotif unik, sepeda tua, atau bahkan vespa.  Aksesoris unik tersebut akan menghilangkan kesan kaku di dalam butik.  Pastikan aksesoris yang kamu gunakan tidak mudah pecah ya, karena selain berbahaya tentu akan menimbulkan kerugian untukmu dan pelanggan.

Kamar Ganti

Wajib bagi sebuah butik untuk memiliki kamar ganti.  Setiap orang pasti ingin mencoba baju yang akan mereka beli terlebih dahulu.  Kamar ganti harus bisa diisi oleh dua orang dewasa dan memiliki satu cermin besar.  Gunakan sekat kain tebal agar tidak tembus pandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *