Desain Interior Untuk Satukan Dapur dan Ruang Makan

Tips Paling Tepat Desain Interior Untuk Satukan Dapur dan Ruang Makan

Memiliki rumah dengan gaya minimalis tentu membutuhkan banyak strategi agar rumah tampak terlihat efisien. Salah satu strategi yang biasa dilakukan adalah dengan menytukan dua fungsi ruang dalam satu ruang. Contohnya adalah menyatukan ruang makan dan dapur.

Dapu dan ruang makan dapat disatukan dalam satu ruang dikarenakan keduanya memiliki fungsi yang saling berkaitan sehingga tidak menghilangkan sistematika ruang.

Lalu apakah ruang dapur dan ruang makan dapat disatukan? Bagaimana cara mengupayakannya agar tidak menghilangkan estetika?

Tips Desain Interior Untuk Satukan Dapur dan Ruang Makan

Desain interior atau desain ruang bagian dalam adalah salah satu upaya untuk mempercantik ruangan dan membuatnya nyaman untuk ditinggali. Adapaun tips desain interior untuk satukan dapur dan ruang makan agar tetap cantik dan nyaman antara lain:

1. Gunakan material dan warna yang serupa.

Untuk menyatukan dua fungsi menjadi satu ruang tentu harus menggunakan material dan warna yang serupa agar kesan menyatunya kuat. Material yang dapat disamakan untuk menyatukan dua ruang adalah material lantai. Sedangkan warna yang recomended untuk Anda terapkan di ruang dapur dan ruang makan Anda adalah warna netral, warna kayu alam serta warna tone.

2. Cahaya.

Sumber penerangan untuk dua fungsi dalam satu ruang haruslah sama, jika ingin menggunakan cahaya alami maka gunakanlah cahaya matahari di keduanya. Begitu pula jika ingin menggunakan cahaya lampu, maka pasanglah cahaya lampu yang selaras. Adapun jika Anda ingin menggunakan sumber cahaya alami, menggunakan gaya natural menggunakan kanopi kaca tempered akan sangat memperindah ruang dapur dan ruang makan Anda. Sebaliknya jika ingin menggunakan cahaya lampu, maka gunakanlah cahaya yang netral dan lembut agar memberikan suasana yang tenang pada ruang makan dan dapur.

3. Furniture yang serupa.

Selain material, warna dan cahaya, yang harus disamakan lagi untuk menggabungkan dua fungsi dalam satu ruang adalah dengan menggunakan furnitur yang serupa. Artinya bukan berarti Anda mengurung kebebasan bentu furnitur, bebas boleh asal tetap selaras sehingga tidak terkesan memisahkan ruangan.

4. Tentukan gaya.

Dalam menyatukan dua fungsi, tentu gaya yang diaplikasikan haruslah gaya yang sama. Hal ini agar ruangan dapat terpadu dengan baik. Gaya yang ditampilkan dapat berupa gaya modern, kontemporer, klasik, natural, dan lain-lain. Penentuan gaya pada dasarnya akan berdampak pada penentuan material, warna hingga furnitur. Untuk itu jika Anda bingung menentukan warna, material serta furnitur maka tentukan terlebih dahulu gayanya sehingga Anda tinggal mengikuti prinsip gaya tersebut.

5. Warna yang identik di dua ruangan.

Jika Anda tidak ingin menyamakan warna antara dapur dan ruang makan akibat pertimbangan-pertimbangan tertentu tapi Anda tetap ingin menyatukan keduanya, maka Anda dapat memasang warna yang berbeda namun tetap memiliki beberapa warna yang sama identik antar ruang sehingga ruang tetap akan terlihat menyatu. Begitu pula dengan cahaya, Anda dapat menggunakan dua sumber cahaya yang berbeda seperti bagian dapur menggunakan kanopi kaca sedangkan bagian ruang makan menggunakan lampu dengan syarat keduanya memiliki penyinaran warna yang sama sehingga tidak memisahkan keduanya.

6. Gaya minimalis yang tepat.

Seperti tujuan awal menyatukan dapur dan ruang makan dalam ulasan ini adalah untuk mengupayakan ruang minimalis agar cukup untuk banyak ruang. Maka menyatukan dapur dan ruang makan merupakan pilihan yang sangat tepat karena ruang yang minimalis dapat sangat memudahkan baik dalam menentukan gaya hingga pencahayaan karena tidak membutuhkan terlalu banyak material.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *