Penyebab Kerusakan Atap

Waspada Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Kerusakan Atap

Memiliki sebuah rumah tentu saja menjadi impian hampir semua orang, terlebih rumah menjadi sebuah tempat berlindung dan berkumpul bersama keluarga. Dalam pembuatan rumah sendiri tentu saja ada beberapa hal yang menjadi pokok aspek yang harus ada, salah satunya adalah atap. Atap merupakan pelindung yang paling penting untuk melindungi semua yang ada di dalam rumah, tentu saja pembuatannya sendiri harus diperhatikan dengan sangat matang. Ada beberapa kasus yang membuat atap rumah dapat rusak dengan cepat, di mana biasanya terjadi kesalahan yang terkadang membuat atap ini menjadi rapuh.

 

Kerusakan pada atap tentu berbahaya, terlebih pada bagian atap terdapat instalasi listrik yang biasanya menyambung ke seluruh bagian bangunan. Maka dari pada itu, kontraktor listrik perlu dihadirkan untuk dapat memastikan bahwa seluruh komponen penyalurnya dapat terpasang dengan baik serta tidak menganggu konstruksi bangunan yang ada. Namun, tetap saja masih ada penyebab lain yang dapat mengakibatkan atap rumah rusak. Sebagai seorang yang ingin memiliki rumah sesuai dengan keinginan, lebih baik memperhatikan atau meminimalisir kesalahan pembuatan atap bangunan rumah.

Penyebab Kerusakan Atap Yang Perlu Diperhatikan Beserta Solusinya

Penyebab kerusakan atap ini tidak hanya datang dari alam, ternyata ada juga beberapa penyebab lain yang dikarenakan oleh kesalahan pembuatan. Berikut ini adalah beberapa penyebab kerusakan atap rumah yang perlu Anda hindari :

1. Kesalahan konstruksi.

Kesalahan konstruksi pada atap rumah ini biasanya pada kemiringan dari atap tersebut. Untuk atap rumah kemiringan paling tepat adalah 30 hingga 40 derajat di mana jika kurang dari itu akan sangat rawan kebocoran. Tidak hanya itu saja, jika kemiringan lebih dari itu maka dapat menyebabkan genteng melorot dan kebocoran pada atap semakin besar. Solusi tepat untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat bekerja sama dengan kontraktor mekanikal elektrikal dalam masalah pemasangan aliran elektrik pada atap serta melakukan pembokaran total atau melapisi atap dengan pelapis anti bocor.

2. Kesalahan pemasangan.

Kesalahan ini sendiri biasanya terjadi karena tukang tidak cermat dalam melakukan pemasangan pada bagian nok yang disambung dengan gewel, talang dan lisplang. Semisal pada bagian nok atau bumbungan dipasang terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan keretakan dan membuat rumah rawan bocor ketika hujan. Untuk mengatasi masalah ini sendiri Anda dapat melakukan pemasangan lapisan kedap air atau aquaproof pada bagian yang bocor tersebut.

3. Pemilihan kualitas material.

Nah, poin nomer 3 ini sendiri yang sering menjadi penyebab utama akan kebocoran pada atap rumah. Pemilihan material ini sangatlah penting pada pembangunan sebuah rumah, di mana tentu saja material yang berkualitas akan dapat membuat rumah menjadi kokoh. Kebanyakan untuk menghemat biaya, beberapa orang yang membangun rumah meminimalisir biaya dengan memilih bahan material yang lebih murah tanpa melihat kualitasnya. Untuk solusi agar mendapatkan material yang berkualitas dengan memilih bahan dengan logo SNI. Bahan material yang sudah lolos SNI biasanya sudah diakui oleh pemerintah akan kualitasnya.

4. Akibat cuaca.

Cuaca merupakan penyebab kerusakan atap yang memang sudah tidak dapat dihindari lagi. Karena setiap bahan bangunan pasti memiliki masa yang perlu dilakukan pembaharuan secara berkala. Untuk menghindari beberepa kerusakan yang semakin para pada atap rumah, ada baiknya Anda bekerja sama dengan kontraktor HVAC dan melakukan perabaikan yang dirasa memang sangat perlu. Semisal dengan memperbaiki letak genteng atau mengganti rangka atap dengan kayu yang baru.

Itu adalah beberapa penyebab terjadi kerusakan pada atap rumah beserta solusi yang diperlukan. Maka daripada itu, sebagai pemilik rumah ada baiknya selalu melakukan pengecekan saat pembangunan dan juga perbaikan agar atap rumah dapat melindungi semua yang ada di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *